Minggu, 04 November 2012

Tips Memulai Usaha Yang Benar

Pasti banyak orang yang selalu kebingungan saat hendak membuka usaha.
Biasanya pertanyaan pertama yang muncul adalah"darimana saya mendapatkan modal?". Bagi sebagian orang yang memiliki modal, maka pertanyaannya adalah "usaha apa yang menghasilkan ya?" Kalau kita mau lebih jeli dan tidak gengsi dalam memilih jenis usaha, sebenarnya sangat banyak ide bisnis yang bisa kita mulai dan kembangkan.


 Cobalah Anda sekedar ngobrol dengan sebuah lapak pecel lele yang ada dipinggir jalan.  Saya pernah berbincang dengan pemilik pecel lele kaki lima. Tempatnya biasa seperti kebanyakan pecel lele yang lain, namun memang pemilihan tempat yang sesuai menjadi tugas awal. Menu yang ditawarkan pun biasa saja, seperti nasi uduk, lele, ayam, bebek, cah kangkung dan minuman. Namun yang cukup mengejutkan adalah omzet yang dihasilkan dalam semalam pada hari biasa tidak kurang dari 1 juta. Bila melihat hari libur maupun weekend,  pendapatan tidak kurang dari 2 juta rupiah.
Bila kita coba menghitung-hitung berapa keuntungan pedagang tersebut, dengan asumsi rata-rata 1 juta perhari x 30 hari, maka omzetnya sekitar 30 juta perbulan. Dalam bidang kuliner, rata-rata profit bisa mencapai 30-40%. Anggaplah keuntungan bersih 30%, maka pendapatan bersihnya adalah 9 juta rupiah. Mungkin butuh waktu yang cukup lama untuk bekerja hingga mendapat penghasilan sebesar itu. Maka ini pun dapat dijadikan ide bisnis
Mengambil hikmah dari Ilmu Gobloknya Om Bob, maka cenderung mereka yang 'goblok' melihat sesuatu peluang usaha yang ada di sekitar mereka. Hal ini yang membuat mereka bekerja keras untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka, yang akhirnya ternyata berhasil. Namun dilain sisi, sebagian yang lain mencoba mencari ide bisnis yang sulit dimengerti oleh pasar, dengan alasan belum ada yang memulai. Benar belum ada yang memulai, namun hal itulah yang usaha maupun produk kita membutuhkan edukasi ke pasar sebelum mereka tertarik produk kita.
Jadi sebenarnya tidak alasan untuk kita kebingungan untuk memulai usaha. Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari ide bisnis. Cobalah berjalan-jalan di pasar dan kita akan melihat begitu banyak peluang usaha dan ide bisnis untuk kita jadikan usaha kita.
Usaha yang paling bagus adalah usaha yang dimulai bukan dipikirkan..
ingat!!!
ACTION... ACTION... dan ACTION....
Semoga Sukes..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar